Senin , 30 Maret 2020

235 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dilantik

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, M. Talkhis saat memberikan sambuatan dalam acara pelantikan PKD di Kecamatan Banyubiru, Sabtu (14/03/2020)

UNGARAN – Paska dilantik, Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) diminta terus meningkatkan kapasitas. Salah satunya berkoordinasi dengan stakeholder, agar terwujud Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Tahun 2020 yang berintegritas.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, M. Talkhis saat menghdiri pelantikan PKD di Kecamatan Banyubiru, Sabtu (14/03/2020)

“Selamat atas dilantiknya Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kabupaten Semarang. Selamat bertugas, kami dari Bawaslu Kabupaten Semarang berharap, Panjenengan dapat menjalankan amanah ini dengan baik,” kata Talkhis.

Ia mengungkapkan, PKD yang dilantik hari ini ada di Lima Kecamatan, yaitu Kecamatan Getasan, Banyubiru, Susukan, Jambu dan Tengaran. Sementara Empat Belas Kecamatan yang lain telah melantik PKD pada kemarin Jumat (13/03/2020). “Sesuai jadwal memang pelantikan PKD di Kabupaten Semarang dilakukan pada 13-14 Maret 2020”, ungkapnya.

Talkhis menjelaskan satu orang PKD akan bertugas di tiap Kelurahan/Desa. Jumlah PKD di Kabupaten Semarang yaitu 235 orang, dengan rincian 195 Laki-laki dan 40 Perempuan.

“Tugas PKD adalah mengawasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Tahun 2020 di Kelurahan/Desa masing-masing.

Paska dilantik, Talkhis mengharapkan PKD dapat membangun soliditas internal serta meningkatkan kapasitas pengawasan dan pemahaman regulasi sebagai modal awal mengawal dan menjaga marwah demokrasi.

“PKD harus membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan stakeholder di tingkat Desa/Kelurahan maupun membangun komunikasi yang baik terhadap Panwaslu Kecamatan masing-masing. Namun yang paling utama adalah PKD harus menjaga integritas diri.

“Sejak dilantik saudara telah menjadi bagian dari penyelenggara, oleh sebab itu perlu dipahami tentang aturan dan kode etik sebagai penyelenggara”, terangnya.

Penulis : Ego Fahrizal

Foto : Muhlasin

Bagikan :
Pengaduan

KOLOM PENGADUAN
( mohon di isi dengan data yang benar )

Kirim