Rabu , 26 Februari 2020

Bawaslu Lakukan Koordinasi Terkait Pembentukan sentra Gakkumdu

UNGARAN- Bawaslu Kabupaten Semarang berkoordinasi dengan Polres Semarang terkait dengan pembentukan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Tahun 2020, di Mapolres Semarang pada tanggal 5 Februari 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Mohammad Talkhis, menjelaskan, “Koordinasi dilakukan dalam rangka membangun komitmen yang kuat antar institusi dan komitmen moral antara kepolisian, kejaksaan, dan Bawaslu. Antar anggota Gakkumdu diharapkan dapat mewujudkan penegakan hukum yang terpadu, efektif, cepat, dan tidak memihak, sehingga penanganan tindak pidana Pilkada 2020 menjadi berkualitas.”

Sebagaimana UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, Penanganan Pelanggaran Pidana Pilkada dilakukan oleh tiga institusi di Sentra Gakkumdu, yaitu Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian.

Kepala Kepolisian Resor Semarang, AKBP Adi Sumirat dalam kesempatan ini menyampaikan pentingnya dilakukan simulasi Penanganan Pelanggaran Pidana Pilkada pada seluruh anggota Sentra Gakkumdu. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya membangun kesepahaman antara Penyidik, dan Bawaslu beserta jajaran terkait penanganan pelanggaran pidana pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang tahun 2020.

Dalam pertemuan tersebut, lebih lanjut Talkhis berharap kepada Bhabinkamtibmas turut serta mensosialisasikan pengawasan partisipatif.

Kapolres Semarang menyambut baik usulan tersebut, dan akan segera menindaklanjuti dengan pemasangan himbauan mengenai pelanggaran Pidana Pilkada.

Kapolres berharap Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Semarang 2020 berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sesuai dengan aturan regulasi yang ada.

Pada kesempatan tersebut Bawaslu Kabupaten Semarang menyerahkan Buku Pengawasan “di buang sayang”, himpunan perjalanan pengawasan Bawaslu Kabupaten Semarang pada pemilu 2019, Buku Cerpen “Kelingan” dan Buletin edisi ke 2 Bawaslu Kabupaten Semarang.

Disusul dari pihak Polres Semarang yang menyerahkan plakat kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang.

Bagikan :
Pengaduan

KOLOM PENGADUAN
( mohon di isi dengan data yang benar )

Kirim