Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gelar Evaluasi SDM Pengawas di Kampung Surga

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara

“Kami akan meminta masukan dari masing-masing Panwascam dan jajaran Sekretariat Panwascam se- Kabupaten Semarang pada acara hari ini.” Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto saat membuka kegiatan Rapat Evaluasi Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas bersama Panwaslu Kecamatan Pemilu 2024, Rabu-Kamis (17-18/4/2024) bertempat di Miniatur Kampung Surga, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kegiatan diikuti oleh seluruh Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Semarang, dan 2 (dua) orang mewakili Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Semarang. Pada kegiatan yang berlangsung, juga dilaksanakan halal bihalal antara Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Semarang dengan seluruh peserta rapat. Kegiatan hari pertama diisi dengan arahan dari Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Semarang, dilanjutkan pemaparan materi dari narasumber.

Kordiv. SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Semarang, Fithriyah saat memberikan arahan pada kegiatan yang berlangsung
Fithriyah (kanan) memberikan arahan pada kegiatan yang berlangsung

Saat memberikan sambutan dan arahan, Fitrhiyah selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan ada informasi terkait perekrutan jajaran pengawas ad hoc tingkat kecamatan pada Pemilihan Serentak 2024.

“Informasi terkait tanggal untuk Panwascam Pilkada 2024 sudah ada, untuk saat ini hanya menunggu surat edaran dari Bawaslu RI terkait juknis pelaksanaannya,” ucap Fithriyah.

Fithriyah menambahkan, Panwaslu Kecamatan diminta untuk segera menyusun dan mengumpulkan laporan akhir pengawasan Pemilihan Umum 2024.

“Laporan akhir Panwaslu Kecamatan diserahkan ke Bawaslu dan akan diundang pada tanggal 20-22 April 2024,” tambah Fithriyah pada saat memberikan arahan.

Pada kesempatan yang sama, Agus Riyanto menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan yang berlangsung.

“Kalau tidak salah, ini pertemuan kita terakhir terkait Pemilu 2024, selanjutnya kita akan melaksanakan pertemuan-pertemuan berikutnya untuk tahapan Pilkada 2024,” ungkap Agus saat membuka acara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto memberikan sambutan dan arahan, serta membuka acara
Agus Riyanto memberikan sambutan dan arahan serta membuka acara

Pada kegiatan yang berlangsung 2 (dua) hari, hadir sebagai narasumber dari Founder Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) dan Tim Pakar Pemerintah Undang-Undang, Dian Permata.

Dian memaparkan banyak hal terkait teknis pelaksanaan Pemilu 2024 yang telah terlewati beberapa waktu lalu. Menurut Dian, masih banyak catatan Pemilu yang belum sempurna, baik dari teknis pelaksanaan maupun dari sistem teknologi informasi yang digunakan.

Dian juga berpesan kepada seluruh peserta rapat untuk segera mempelajari regulasi Pilkada.

“Pesan saya, cepat baca Undang-Undang Pilkada, PKPU Pilkada, dan tahapan saat ini pencalonan perseorangan maka baca PKPU tentang itu,” tegas Dian di tengah pemaparan materi.

Kegiatan hari kedua diisi dengan fun games, yang difasilitasi oleh tim dari Miniatur Kampung Surga. Pada akhir kegiatan, Agus Riyanto berpesan kepada seluruh peserta untuk semakin kompak.

“Mudah-mudahan apapun yang kita lakukan dari kemarin sampai hari ini yang meriah ini akan menjadi penyemangat dan meningkatkan rasa persatuan, serta menjadi kenangan yang indah dan ingin mengulanginya. Kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir di pemilu semoga ketemu di pilkada dan semakin kompak lagi,” tutup Agus.

foto bersama usai kegiatan
Foto bersama usai kegiatan

 

Penulis : Sony Surya

Editor : Sony Surya

Fotografer : Sony Surya