Lompat ke isi utama

Berita

Jagongan Pemilu dengan Pemilih Pemula di SMA Sedes Sapientiae, Panwascam Jambu Berikan Buku

Jagongan Pemilu dengan Pemilih Pemula di SMA Sedes Sapientiae, Panwascam Jambu Berikan Buku
Foto bersama jajaran Panwaslu Kecamatan Jambu dengan kepala sekolah, guru dan siswa-siswi SMA Sedes Sapientiae, Minggu (17/9/2023).

JAMBU – Guna memberikan pemahaman dan informasi kepada pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Tahun 2024, Panwaslu Kecamatan Jambu melaksanakan kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula dengan tema “Pemilih Cerdas Pemilih Berkualitas”, yang bertempat di aula SMA Sedes Sapientiae Kecamatan Jambu, Minggu (17/9/2024), dengan peserta siswa-siswi yang tinggal di asrama.

Suster Coleta selaku Kepala Sekolah SMA Sedes Sapientiae mengungkapkan bahwa pihaknya menerima dengan baik, karena kegiatan seperti ini merupakan kegiatan untuk memberikan edukasi dan wawasan terhadap anak-anak yang belum tentu didapatkan di bangku sekolah.

Ketua Panwaslu Kecamatan Jambu, Mahmudi memaparkan seputar pelaksanaan dan tahapan Pemilu 2024. Mahmudi menekankan kepada siswa SMA Sedes Sapientiae sebagai pemilih pemula agar aktif dan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Sosialisasi tahapan pemilu diharapkan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Jambu, akan menghasilkan pemilih pemula yang paham akan perannya.

"Kita membekali anak muda dengan pengetahuan politik yang sehat menjunjung norma dan beretika," ujarnya.

Mahmudi berpesan agar generasi muda tidak terpancing dengan narasi-narasi negatif, tetap mengikuti aturan pemilu yang benar, karena tonggak kepemimpinan ditentukan oleh anak muda.

"Jadilah pemilih pemula yang rasional, mandiri dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan dan demokrasi," ujarnya.

Suasana jagongan pemilu di SMA Sedes Sapientiae.

Menyambung Mahmudi, Viva Vaforita Ismayani mengungkapkan dalam acara tersebut bahwa untuk usia 17 tahun atau yang sudah memiliki hak pilih agar memastikan nama sudah terdaftar sebagai pemilih. Selanjutnya Viva memberikan contoh cara untuk mengetahui namanya sudah masuk daftar pemilih melalui https://cekdptonline.kpu.go.id kepada salah satu siswa.

Viva juga mengajak para pelajar yang sudah memiliki hak pilih agar berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi mendatang.

"Hak pilih adik-adik menentukan arah bangsa ini di masa depan. Sekecil apapun partisipasi kalian dalam menggunakan hak pilih akan berguna bagi kepentingan masyarakat, walaupun tidak terasa langsung sekarang, namun akan berdampak besar di masa yang akan datang," katanya.

Pemberian buku dari Panwaslu Kecamatan Jambu kepada pihak SMA Sedes Sapientiae.

Anggota Panwascam Jambu yang lain, Nur Shokhif dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pemilih cerdas dan pemilih berkualitas itu adalah pemilih yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap masa depan bangsa. Karena pemilih cerdas dan pemilih berkualitas itu memiliki rasa nasionalitas dalam memberikan hak pilihnya nanti tepat pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya, sosialisasi pemilu untuk pemilih pemula merupakan bagian dalam pembelajaran berdemokrasi bagi generasi muda berdasarkan Pancasila.

"Ini sangat penting karena merupakan bagian dari pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Salah satunya dengan cara menjadi pemilih yang cerdas dan mengedepankan rasionalitas dalam menentukan pilihannya," kata Nur Shokhif.

Sosialisasi ditutup dengan pemberian penghargaan berupa buku kepada Kepala Sekolah SMA Sedes Sapientiae.