Lompat ke isi utama

Berita

Kuatkan Jajaran Pengawas Ad Hoc pada Pemilu 2024, Bawaslu Gelar Rakor

Foto bersama usai kegiatan

Foto bersama usai kegiatan

PABELAN - Mendekati hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024, Bawaslu Kabupaten Semarang mulai mmpersiapkan jajaran pengawas ad hoc dengan penguatan materi-materi kepemiluan, khususnya teknis pengawasan. Bawaslu Kabupaten Semarang menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024. Kegiatan dilaksanakan  pada hari Kamis (25/1/24) di Aula Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, diikuti oleh seluruh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Semarang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa rangkaian awal tahun ini pemilu dimulai dari kampanye dan puncaknya pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Rangkaian dari awal pemilu baik kampanye dan lainnya, puncaknya adalah pada pemungutan dan penghitungan suara, hal itu harus benar-benar dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan, agar tidak terjadi sengketa baik dalam ranah desa, kecamatan bahkan kabupaten kedepannya,” ucap Agus saat membuka acara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto saat memberikan arahan kepada peserta rapat.

Agus mengingatkan terkait arsip-arsip pengawasan harus disimpan dengan baik dan didata.

“Arsip-arsip pengawasan harus disimpan dan didata dengan baik, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Beberapa waktu ke depan, juga akan diadakan apel siaga, baik dalam ranah Bawaslu ke Panwascam, dan Panwascam ke PKD dan PTPS, kegiatan ini bertujuan agar tidak terjadi baik miskomunikasi, kurang koordinasi dan hal lain yang dapat menghambat Pemilu,” lanjutnya.

Koordinator Divisi Pencegahan, Parisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Muharom Al Rosyid, pada kegiatan yang berlangsung juga memberikan simulasi pengisian Form C Hasil untuk pemilu. 

“Hal ini tentunya untuk memberikan gambaran awal kepada panwascam tentang apa yang akan mereka awasi pada hari pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, karena ketika di TPS, jajaran penyelenggara ketika mengalami kesulitan pasti akan bertanya kepada jajaran pengawas.” Ungkap Muharom saat memberikan simulasi.

 

Penulis, Foto, Editor : Sony Surya Prayoga