Lompat ke isi utama

Berita

Masuk Tahapan Kampanye, Bawaslu Siapkan Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet

Narasumber sedang menjelaskan materi tentang cara menangkal berita bohong (Hoax), Rabu 29/11/23

Narasumber sedang menjelaskan materi tentang cara menangkal berita bohong (Hoax), Rabu 29/11/23

UNGARAN - Bawaslu Kabupaten Semarang siapkan Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet yang bertujuan memberantas HOAX dan meningkatkan pemahaman serta kewaspadaan terhadap isu-isu konten  internet yang berkaitan dengan Pemilu 2024. Kegiatan tersebut melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undaris, BEM Ngudiwaluyo, BEM STT Abdiel, Alumni SKPP, Relawan Patroli Cyber, dan Saka Adhyasta Pemilu. Acara digelar di Hotel C3 Ungaran, Rabu (29/11/2023).

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Agus Triyono dari Komite Litbang Mafindo Pusat, yang membawa pemahaman mendalam tentang penanganan dan pencegahan penyebaran informasi palsu atau berita bohong. Vega Lazuardi, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Semarang, juga turut berbagi pandangan mengenai peran instansi pemerintah dalam mengelola informasi digital. Sedangkan moderator kegiatan ini adalah Ardi Kaffa, Ketua Kelingan Ungaran, yang dengan cermat memandu diskusi antara peserta.

Agus Riyanto Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang membuka kegiatan dan berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber agar dapat digunakan untuk  menghadapi tahapan kampanye Pemilu 2024.   Setelah mengikuti Rapat Koordinasi ini diharapkan para peserta dapat memperoleh wawasan yang lebih baik terkait peran masing-masing organisasi dalam menjaga integritas Informasi, khususnya dalam konteks kampanye Pemilu 2024. Kolaborasi lintas sektor ini menjadi langkah positif dalam membangun kesadaran bersama dan meningkatkan ketahanan informasi di era digital. “harapan kegiatan ini adalah teman teman semua dapat menyebarkan ilmu yang telah didapat dari sini kepada teman dan rekan atau folower di medsos masing masing” ucap Agus.

Diakhir kegiatan, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Muharom Al Rosyid menyampaikan rencana tindak lanjut sekaligus menutup kegiatan.