Lompat ke isi utama

Berita

Menjelang Tahapan Kampanye, Ratusan Pengawas Pemilu Apel Siaga

Peserta apel siaga tahapan pengawasan kampanye Pemilu 2024.

Peserta apel siaga tahapan pengawasan kampanye Pemilu 2024.

AMBARAWA – Ratusan Pengawas Pemilihan Kecamatan dan Desa/Kelurahan di Kabupaten Semarang mengikuti apel siaga tahapan pengawasan kampanye Pemilu 2024 di Alun-alun Kecamatan Ambarawa, Sabtu (18/11/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Agus Riyanto mengungkapkan, bahwa seluruh jajaran pengawas pemilu di semua tingkatan untuk memahami regulasi terkait pemilu.

“Kami selalu tekankan pada jajaran pengawas kita, untuk memahami aturan, regulasi terkait pemilu, sehingga sebelum orang lain memahami peraturan-peraturan tersebut, jajaran pengawas sudah lebih dulu memahaminya”, ucap Agus.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang menyampaikan sambutan pada apel siaga yang digelar di Alun-alun Ambarawa, Sabtu (18/11/2023)

Agus menambahkan, pihaknya akan selalu mengimbau jajarannya agar melakukan segala upaya pencegahan secara maksimal.

“Tak lupa kami akan selalu sampaikan, agar dalam melakukan pencegahan khususnya imbuan, agar dilakukan secara humanis kepada semua pihak. Agar disampaikan secara baik, agar dapat dipahami, agar bisa tersampaikan upaya pencegahan guna menekan potensi-potensi pelanggaran dalam penyelenggaraan Pemilu 2024”, tegasnya.

Sementara itu, Bupati Semarang Pangesti Nugraha mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan apel siaga yang digelar.

‘Kami ucapkan terimakasihatas pelaksanaan kegiatan ini, semoga nanti dengan adanya apel siaga ini, tahapan pemilu berjalan lancar, kemudian juga semua pihak tetap sehat, dan harapan kita juga dari awal agar partisipasi pemilih nanti juga bisa optimal”, ujar Ngesti pada kegiatan yang berlangsung.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang memukul gong sebagai tanda dimulainya persiapan pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024.

Untuk diketahui, kegiatan apel siaga diikuti seluruh jajaran pengawas pemilu dari tingkat kelurahan/desa, kecamatan dan Bawaslu Kabupaten Semarang, serta mengundang forkompimda, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi perempuan, komunitas disabilitas, perguruan tinggi, serta dari kader pengawas dari SKPP (sekolah kader pengawas partisipatif) di Kabupaten Semarang.

Apel siaga persiapan tahapan pengawasan kampanye dimulai, ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, bersama Bupati, Ketua KPU, Kajari, Kapolres, dan Dandim 0714 Salatiga. (SNY)

Penulis : Sony Surya Prayoga

Foto : Muhlasin