Lompat ke isi utama

Berita

Panwascam Pringapus Mencegah Generasi Apolitis di MA Darul Ma’arif

Panwascam Pringapus Mencegah Generasi Apolitis di MA Darul Ma’arif
(Panwascam Pringapus Berfoto dengan Siswa dan Siswi MA Darul Ma’arif 07/10/2023)

PRINGAPUS - Panitia Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pringapus memberikan sosialisasi di dalam acara kegiatan Jagongan Pemilu pada pemilih pemula di MA Darul Ma’arif, Krajan, Kelurahan Pringapus, Sabtu (07/10/2023) siang.

Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Sugondo menyampaikan terkait kegiatan pemilu dan demokrasi. Mengawali kegiatan sosialisasi tersebut, dengan gambaran umum dari sistem demokrasi di Indonesia dan pentingnya politik bagi sebuah negeri.

“Pada kaum muda sekarang, banyak yang berpendapat anti politik dan malas mengurus politik karena beranggapan politik itu kotor dan kejam. Namun kita harus menggali lebih dalam tentang politik untuk memahaminya, karena banyak hal ada kaitanya dengan politik dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat, misalkan kebijakan subsidi BBM yang diambil oleh pemerintah dan DPR,” ucap Sugondo.

Sugondo juga menjelaskan, bahwa politik bukanlah sesuatu yang kejam. Bila diibaratkan sebuah pisau, alat tersebut dapat digunakan untuk memasak sesuatu yang sehat dan lezat, dan sebaliknya bisa juga menjadi alat kejahatan ketika berada di tangan yang tidak bertanggung jawab.

“Politik tersebut juga tergantung siapa, atau bagaimana cara penggunaannya. Jadi, jangan anti politik, politik harus kita pahami dan pelajari,” imbuhnya.

Pemilihan Ketua Osis

MA Darul Ma’arif dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pemilihan ketua OSIS yang masa baktinya akan segera berakhir. Sehingga perlunya kesinambungan kepemimpinan dan kaderisasi kepengurusan OSIS yang baru. Sebagai sarana membina dan menumbuhkembangkan kemampuan berorganisasi siswa, sehingga ketua OSIS harus memenuhi beberapa kriteria untuk mewujudkan hal tersebut.

Sugondo berpesan, dalam memilih ketua OSIS, pilih yang pintar, kelakuannya baik, dan rajin kerja. Jadi dia bisa bertugas sebagai Ketua OSIS yang sebenar-benarnya. Dan yang penting kita belajar berdemokrasi meskipun dalam skala mikro.

Situs Cek DPT Daring

Rina Hary Dhewanty Anggota Panwaslu Kecamatan Pringapus sedang menjelaskan cara mengecek DPT Secara Mandiri, Sabtu, 07/10/2023

Bagi siwa-siswi MA Darul Ma’arif, Pemilu 2024 nanti akan menjadi pesta demokrasi pertama bagi mereka. Perlunya arahan, bimbingan dam pengingat bahwa pada Pemilu 2024 nanti mereka harus memilih presiden dan wakil presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. selain itu, perlunya pemahaman terkait administrasi atau birokrasi yang penting diketahui agar mereka bisa menyalurkan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang diyakini.  

Rina Hary Dhewanty Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas, menjelaskan bagi siswa-siswi yang telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) bisa mengecek secara mandiri hak pilihnya melalui link https://cekdptonline.kpu.go.id/.

“Siswa-siswi yang membawa gadget dan KTP bisa buka di Google dan masuk ke https://cekdptonline.kpu.go.id/ silahkan ditulis NIK dari teman-teman nanti akan muncul dan menunjukan nama, NIK dan KK yang sudah disensor, jika nanti tertera alamat TPS, berarti teman-teman sudah terdaftar,” ungkap Rina Hary Dhewanty  terkait tata cara cek DPT secara mandiri.

Rina Hary Dhewanty berpesan agar siswa-siswi MA Darul Ma’arif dapat menggunakan link tersebut dirumah untuk memastikan nama orang tua, serta sanak saudaranya telah terdaftar di DPT Pemilu 2024. Apabila menemukan kendala terkait kepemiluan ia berpesan agar menghubungi Panwascam Pringapus melalui instagram atau nomor kantor, bisa juga mendatangi kantor Panwascam Pringapus yang berada di rumah dinas Kantor Kecamatan Pringapus.

Penulis : Dra
Editor: Rina Hary Dhewanty dan Bawaslu Kab. Semarang.