Lompat ke isi utama

Berita

Sah! Bawaslu Kabupaten Semarang Tandatangani NPHD Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024

Foto bersama Ngesti Nugraha, Agus Riyanto, Bambang Setiyono, perwakilan Forkompimda beserta Komisioner Bawaslu dan KPU Kabupaten Semarang, Jumat 10 November 2023

Foto bersama Ngesti Nugraha, Agus Riyanto, Bambang Setiyono, perwakilan Forkompimda beserta Komisioner Bawaslu dan KPU Kabupaten Semarang, Jumat 10 November 2023

UNGARAN – Bawaslu Kabupaten Semarang menghadiri acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 antara pemerintah Kabupaten Semarang dengan Bawaslu dan KPU Kabupaten Semarang di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang. Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Semarang Ngesti Nugraha bersama dengan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Semarang, Jumat (10/11/2024).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Semarang Suyana,  pada sambutannya menyampaikan bahwa proses perencanaan hibah telah dilaksanakan sejak Februari 2023, diawali dengan pengajuan proposal kepada Bupati dilanjutkan dengan pembahasan bersama oleh seluruh pihak-pihak terkait. Suyana juga menyampaikan besaran dana hibah yang diberikan kepada Bawaslu dan KPU Kabupaten Semarang.

KPU Kabupaten Semarang menerima dana hibah Rp 45.036.122.000,- untuk penyelenggaraan Pemilihan, sedangkan Bawaslu Kabupaten Semarang menerima dana hibah Rp 12.600.000.000,- untuk pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang tahun 2024. Lebih lanjut Suyana menjelaskan bahwa  dana hibah tersebut nantinya akan dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama pada tahun 2023 akan dicairkan sebanyak 40% dan tahap kedua di tahun 2024 sebesar 60%.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan NPHD yang diwakili oleh Bupati Semarang selaku pihak pertama serta Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang dan Ketua KPU Kabupaten Semarang selaku pihak kedua.

Agus Riyanto, Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang dan Bambang Setiyono, Ketua KPU Kabupaten Semarang menandatangani NPHD dengan Pemerintah Daerah.

Sementara itu Bupati Semarang, Ngesti Nugraha pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa NPHD telah ditandatangani dengan jumlah anggaran sekitar 57 miliar rupiah yang berasal dari APBD Kabupaten Semarang.

“Semoga anggaran yang dihibahkan kepada Bawaslu dan KPU Kabupaten Semarang memberikan manfaat semaksimal mungkin untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang tahun 2024”, kata Ngesti.

Beliau juga berpesan, agar anggaran dapat digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pada akhir penyampaiannya, Ngesti berharap agar pelaksanaan  Pemilihan Umum serentak DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 khususnya di Kabupaten Semarang dapat berjalan lancar, aman, tentram, terkendali dan sukses. (DES)

Penulis : Desti Permitasari

Editor : Sony Surya Prayoga