Lompat ke isi utama

Berita

Sambangi SMK Kanisius, Panwascam Ambarawa : Jadilah Pengawas Partisipatif dan Jangan Golput!

Sambangi SMK Kanisius, Panwascam Ambarawa : Jadilah Pengawas Partisipatif dan Jangan Golput!
Panwascam Ambarawa memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi SMK Kanisius Ambarawa, Rabu (27/9/2023).

AMBARAWA - Panwascam Ambarawa memberikan sosialisasi terkait pengawasan partisipatif dan pendidikan politik, untuk pemilih pemula dalam melaksanakan Pemilu 2024 di SMK Kanisius Ambarawa pada Rabu (27/9/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Panwascam Ambarawa bekerja sama dengan SMK Kanisius Ambarawa. Dimulai sejak pukul 08.00 sampai pukul 09.30, peserta yang hadir dari siswa-siswi SMK Kanisius Ambarawa sangat antusias, karena hampir semua siswa sudah memiliki hak pilih sebagai pemilih pemula pada Pemilu 2024.

Hadir sebagai narasumber, Anggota Panwascam Ambarawa Koordinator Divisi Hukum, Parmas dan Humas, Riksa Yoga Aromadhita serta Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, JP Awig Soedjatmika.

Dalam kesempatan yang berlangsung, Awig menyampaikan sosialisasi yang menitikberatkan pada pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami memberikan gambaran terkait kepemiluan, mengingat usia-usia pemilih pemula belum terlalu paham tentang politik dan dinamikanya,” ujar Awig Soedjatmika pada kegiatan yang berlangsung.

Pada kesempatan ini, Riksa Yoga mengajak pelajar yang hadir dalam forum untuk berpartisipasi sebagai pengawas partisipasif di lingkungan kecil yaitu keluarga.

“Minimal jadilah pengawas partisipasif dalam keluarga masing-masing, karena tidak menutup kemungkinan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh peserta pemilu, caleg atau tim sukses bakal calon pasti akan mendekati pemilih di tingkat paling bawah masyarakat yaitu rumah tangga,” ujar Riksa Yoga.

Foto bersama jajaran Panwascam Ambarawa dan SMK Kanisius Ambarawa seusai kegiatan.

Sebagai penutup acara, Ketua Panwascam Ambarawa, Agus Supriadi berpesan kepada peserta agar siswa-siswi yang sudah memiliki hak pilih untuk tidak golput di Pemilu 2024.

“Gunakan hak pilih yang sudah diberikan oleh negara kepada kalian semua dengan bijaksana dan bukan untuk main-main. Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah sebagai pemilih pemula, apalagi usia-usia belia tentu tidak lepas dari yang namanya media sosial, pasti saat ini semua memiliki akun medsos, untuk itu saya tekankan agar hati-hati dalam menyimak berita di medsos, jangan sampai terjebak dalam isu SARA dan Hoax terkait berita-berita Pemilu yang belum tentu benar dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.” Tegas Agus.

Agus berpesan, sebagai generasi muda sudah semestinya para pemilih pemula turut serta berpatisipasi aktif sebagai pengawas partisipatif di lingkungan masing-masing, agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Mewakili pihak sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Katarina Fitri Kusumowati, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, karena akan menambah pengetahuan untuk siswa secara umum, dan khususnya kepada siswa-siswi yang sudah memiliki hak pilih.

(Kontributor : Riksa Yoga Aromadhita, S.E., M.H)