Lompat ke isi utama

Berita

Siap Awasi Pemungutan Suara Pemilu 2024, Bawaslu Gelar Apel Siaga

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto bertindak sebagai pembina apel siaga

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto bertindak sebagai pembina apel siaga

TUNTANG - Menjelang tahapan masa tenang dan pemungutan serta penghitungan suara Pemilu Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Semarang melakukan apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2024. Apel yang dipimpin Ketua Bawaslu Agus Riyanto diikuti ratusan pengawas tingkat kecamatan hingga kelurahan/desa, digelar di lapangan sepak bola Tlogo Desa Delik, Tuntang, Minggu (4/2/2024) pagi.
Hadir pada acara tersebut Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Wakil Bupati Basari, Forkompimda, tokoh masyarakat dan ormas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang melakukan inspeksi kepada peserta apel siaga
Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang melakukan inspeksi kepada peserta apel siaga

Apel dipimpin langsung oleh Agus Riyanto Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang. Usai apel siaga, Ketua Bawaslu Agus Riyanto menegaskan pihaknya saat ini masih bertugas mengawasi potensi pelanggaran kampanye. Fokus perhatian dilakukan terhadap aspek netralitas dari pihak-pihak yang diharuskan tidak memihak peserta pemilu berdasarkan peraturan dan politik uang (money politics).

"Apel dimaksudkan untuk konsolidasi dan memastikan seluruh jajaran pengawas sampai ke tingkat TPS siap menjalankan tugas," terangnya.

Sampai dengan H-10, lanjut Agus, seluruh perangkat pengawas sampai ke tingkat TPS telah terbentuk. Karenanya dia memastikan Bawaslu siap menjalankan fungsi pengawasan pelaksanaan sampai ke tahap akhir Pemilu. Kepada ratusan peserta apel, Agus mengimbau untuk bersikap profesional saat menjalankan tugas.

"Utamakan pencegahan secara maksimal terhadap potensi dugaan pelanggaran dan gunakan langkah-langkah humanis," pintanya.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Semarang, Marjiono melaporkan seluruh anggota Panwascam dan pengawas kelurahan/desa hadir mengikuti apel. Dikatakan, sampai dengan saat ini belum ditemukan adanya pelanggaran kampanye atau lainnya. Namun ada satu laporan dugaan pelanggaran undang-undang lainnya oleh seorang pendamping desa. Laporan itu sudah ditindaklanjuti Bawaslu dengan mengrimkan surat ke BPSDM Kemendes PDTT.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha, saat pengarahan menegaskan para pengawas harus profesional menjalankan tugas. Sehingga nantinya pemilu dapat berjalan sukses tanpa ekses.

"Tak kalah penting, jaga kesehatan agar dapat bekerja dengan baik," tegasnya.

Peserta apel siaga yang terdiri dari Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa
Peserta apel siaga yang terdiri dari Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa

Penulis: Junaedi

Editor: M Budi Purwanto

Foto: Sony Surya Prayoga