Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Kampanye 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto menyampaikan sambutan

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto menyampaikan sambutan

BERGAS - Bawaslu Kabupaten Semarang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Kampanye dengan tema "Validasi Data Pengawasan Kampanye" bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Semarang di Aula Kecamatan Bergas (Gedung Nayaka), Kamis, 18/01/2024.

Kegiatan pada masa kampanye ini diperlukan upaya pencegahan dan penanganan pelanggaran yang maksimal oleh jajaran pengawas, baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kelurahan/desa hingga pengawas TPS. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto, menyampaikan terima kasih kepada Camat Bergas atas fasilitasi tempat yang disediakan. 

Dalam sambutanya, Agus juga menyoroti pentingnya pengawasan logistik yang saat ini masih berjalan, terutama dalam penanganan air hujan, dan lain sebagainya. 

Agus Riyanto juga menekankan peran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa dalam pengawasan tahapan logistik hingga Pengawas TPS, serta pentingnya pemahaman terhadap regulasi dan perkembangan kegiatan di setiap tahapan pemilu, khususnya kegiatan pada masa kampanye sampai tahapan pemungutan dan penghitungan suara. 

“Mengingat masuknya tahapan kampanye sekarang yang semakin mendekati masa tenang dan semakin krusial, kami mengingatkan untuk memastikan pengawasan harus lebih dimaksimalkan untuk mencegah berbagai pelanggaran kampanye seperti Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang pada tempat terlarang, perusakan APK, dan berbagai metode kampanye lainnya,” ucap Agus.

Selanjutnya, mengenai rapat umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024, peserta pemilu, pelaksana pemilu maupun tim kampanye perlu diingatkan mengenai  jadwal kampanye yang telah dikeluarkan oleh KPU. Pada masa rapat umum ini perlu dimaksimalkan pencegahan dan pengawasan kampanye di luar jadwal serta perlu disosialisasikan kepada partai politik karena memasuki jadwal rapat umum, sedangkan metode kampanye lainnya masih bisa dilakukan sehingga potensi pelanggaran akan bertambah.

"Sehingga jajaran pengawas pemilu utamakan upaya pencegahan dimaksimalkan secara persuasif dan humanis," lanjut Agus.

Pada kesempatan yang sama Nurkus Budiyantomo, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Kabupaten Semarang memperkenalkan aplikasi Siwaskam. Bawaslu Kabupaten Semarang mencoba memperkuat sistem pengawasan kampanye Pemilu 2024 dengan menggunakan teknologi aplikasi dengan nama “Bawaslu Superapp”. 

“Tujuannya untuk mempermudah pengawasan pemilu di lapangan dalam mengawasi tahapan-tahapan pemilu,” ujar Nurkus.

Rapat koordinasi ini menjadi langkah strategis, untuk memastikan kelancaran tahapan kampanye dan pengawasan semua tahapan pemilu di wilayah Kabupaten Semarang. 

Maka, seluruh jajaran pengawas diharapkan pekerjaan bisa dikerjakan bersama-sama. Dengan begitu akan merasa ringan untuk memaksimalkan kerja-kerja lembaga Bawaslu, yang saat ini sudah mau mendekati puncak, yaitu tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Penulis: Khoirul Umam

Foto & Editor: Sony Surya Prayoga