Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Tata Kelola Kearsipan, Bawaslu Kabupaten Semarang Gelar Bimtek Jelang Pemilu 2024

Pembukaan Rapat Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan di Bandungan 13/12/2023

Pembukaan Rapat Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan di Bandungan 13/12/2023

BANDUNGAN - Marjiono Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Semarang dalam sambutannya menyampaikan bahwa penataan arsip yang baik akan memperkuat kelembagaan utamanya pada tata kelola kinerja dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

“Seringlah berkoordinasi antara Kepala Sekretariat, Staf pengelola Keuangan, Staf teknis dan Panwascam untuk membuat rencana kerja di tingkat kecamatan”, kata Marjiono.

Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut Budiyono selaku Subkoor Pengawasan Kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang. Budiyono menjelaskan bahwa ketika melakukan pengelolaan arsip internal, arsip harus dirawat, dipelihara dan disimpan dengan baik. Tujuannya ketika arsip tersebut dibutuhkan dapat dilihat  kembali.

“Penataan arsip memerlukan SOP, sekretariat harus mempedomani SOP dan jangan sampai keluar dari petunjuk yang ada”, kata Budiyono.

Lebih lanjut Budiyono menyampaikan jika penenataan kearsipan merupakan bentuk tanggung jawab lembaga dan bermanfaat untuk memberikan informasi kepada masyarakat utamanya dalam menghadapi pemilu 2024.

Sesi kedua Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan diisi oleh Kasubbag Administrasi Bawaslu Kabupaten Semarang yang menyampaikan materi tentang mekanisme penyusunan laporan keuangan akhir tahun.

Bimtek Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan diikuti oleh Staf Pengelola Keuangan dan Staf teknis Sekretariat Panwascam dari 19 Kecamatan Se-kabupaten Semarang. (dp)

Penulis : Desti Permitasari